Information & Technology

Everything is Possible

Trend

Fenomena Kacamata Palin

KATA siapa politisi tidak bisa bergaya dan menciptakan tren baru? Tengok saja kandidat calon wakil presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Sarah Palin yang kini menjadi trendsetter karena kacamata yang dipakainya. Kacamata tanpa bingkai itu disebut menjadi tren yang sedang hip sekarang.

Didesain khusus oleh desainer kacamata asal Jepang, Kazuo Kawasaki, kacamata ini terbuat dari bahan titanium sehingga sangat ringan dipakai. Kacamata seharga USD375 ini termasuk koleksi seri 704 dengan style 34 grey. Para optisian di Amerika mengatakan, mereka kebanjiran pesanan untuk kacamata model Palin yang digunakannya pada saat pidato konvensi beberapa lalu. Para retailer mulai ribut untuk menambah stok dengan bertambahnya permintaan yang meningkat.

Palin membeli kacamata miliknya dari toko kacamata di Chugiak, Alaska, dengan bantuan sang pemilik toko, Joy Leedham, untuk membantu memilih desain.

Ini sudah terjadi cukup lama bahwa bisnis kacamata dipengaruhi oleh tren kacamata selebriti dan melejitnya tren kacamata ala Sarah Palin yang notabene kandidat calon wakil presiden. Apabila Palin menang, hal tersebut dapat mengguncang pasar eyewear yang totalnya adalah USD26,6 miliar setahun.

“Kami mendapat telepon dari diler-diler yang ingin memiliki stok model kacamata persis kepunyaan Palin,” ujar Amy Hahn, Vice President dari Italee, distributor dari kacamata milik desainer Kazuo Kawasaki di Amerika. Bingkai Palin tanpa lensanya-dimulai dengan harga USD375. Total paket dengan lensa bisa mencapai USD700.

“Kacamata Palin memang sedang tren dan masyarakat menginginkannya,” ujar Psikolog Konsumen, Joyce Brothers. Hal tersebut jelas mendatangkan keuntungan bagi si pembuat kacamata. “Tapi jika Palin kalah dalam pemilihan, Anda tidak akan melihat banyak orang memakainya lagi,” tambahnya.

“Bagi para pengusaha kacamata yang belum memiliki kacamata model tersebut, sebaiknya mulai bergegas”, ujar Gloria Nicola, Senior Editor dari majalah 20/20 yang mengkhususkan tentang kacamata. “Kalau mereka belum bisa mendapatkan yang asli, paling tidak mereka harus menyediakan merek lain yang serupa bentuknya,” tambahnya lagi.

Pemilik toko kacamata, Joy Leedham, mendatangi rumah Palin pada akhir Desember tahun lalu dan membantunya memilih kacamata di dapurnya. Palin waktu itu bingung di antara 300 pilihan bingkai dan mereka mempersempit pilihan menjadi lima pasang. Palin memiliki 7 pasang kacamata dan koleksi terbarunya ini diharapkan bisa membuatnya lebih fashionable. “Palin adalah seorang yang rabun jauh, tapi kerusakan matanya tidak terlalu parah, jadi dia tidak memakai lensa bifocal,” ujar Leedham.

Bingkai Kawasaki tersebut terbuat dari titanium dan berdasarkan sistem tegangan tanpa sekrup. Kacamata yang bingkainya berbentuk kotak ini sekarang sedang menjadi must-have fashion item. Walaupun begitu, ternyata Palin bukanlah pesohor pertama yang memakai kacamata desain Kawasaki. Whoopi Goldberg dan Collin Powelllah yang terlebih dahulu menjadi konsumen Kawasaki.

(sindo//tty)

Hobi Surfing Tidak Selalu Mahal

KALAU sudah hobi, maka berapa pun biayanya pasti akan dibayar. Hal itu berlaku pula untuk surfing. Banyak orang rela membelanjakan dana jutaan rupiah untuk menikmati hobi berupa “tari ombak” itu. Namun, dengan sedikit kejelian, pemula bisa memulai surfing dengan biaya relatif murah.

Untuk memulai surfing, pemula harus menyediakan modal paling sedikit USD59. Ini adalah biaya sebuah kursus singkat. Dengan dana sebesar itu, pemula hanya cukup membawa badan sebab semua fasilitas yang diperlukan sudah disediakan oleh penyelenggara pembelajaran surfing.

Sedangkan, bagi yang ingin serius menekuni surfing, maka modal yang diperlukan agak lebih besar. Sebab, peminat tentu harus memiliki papan selancar. Untuk menghemat biaya, pemula bisa memulai dengan papan selancar bekas yang berharga antara Rp300.000 hingga Rp500.000.

Instruktur sekolah surfing (selancar) Rip Curl School of Surf, Double Six, Seminyak, Kuta, Made Yoga menyarankan, pemula sebaiknya memulai dengan papan selancar bekas. Namun saat membeli, pemula sebaiknya berkonsultasi dengan teman surfer yang tahu betul apakah papan masih dapat dipakai atau ada yang telah patah.

Untuk papan baru, harganya berkisar Rp3 juta hingga Rp5 juta. Satu set finyang berisi tiga buah sirip ikan hiu seharga Rp300.000 hingga Rp500.000. Namun, ada juga produk lokal yang berharga lebih murah. Satu set berharga antara Rp150.000 hingga Rp200.000. “Perbedaan memang jauh karena produknya impor dan tentu saja kualitasnya jauh lebih bagus,” terang Yoga.

Harga tali pengikat kaki berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000. Ada pun harga pakaian khusus berkisar Rp200.000 hingga Rp600.000. Baju yang dipakai sebaiknya lengan panjang dan memakai sunscreen supaya kulit terasa tidak terbakar. Sistem pelindung itu juga bermanfaat untuk menghindari serangan kanker kulit. (sindo//tty)

Vonny Cornelia Simpan Puluhan Bra

SIAPA bilang wanita tidak senang mengoleksi bra. Vonny Cornelia, misalnya. Kekasih dari pesinetron Baim Wong ini mengaku mempunyai puluhan bra dengan motif dan warna yang beragam.

“Aku senang dengan bra berwarna lembut ataupun terang sekalipun. Misalnya, pink, pastel, ataupun oranye,” cerita Vonny ditemui okezone di acara pembukaan House of Wacoal, di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (30/10/2008).

Tidak hanya selektif memilih warna bra, tetapi Vonny pun mengutamakan membeli bra berbahan lembut dan dilengkapi dengan kawat. “Bra berkawat itu bisa menyangga payudara menjadi lebih indah dan berisi,” ujar mantan vokalis grup Bening ini.

Kendati senang mengoleksi bra bermotif brokat, tetapi Vonny pun pilih-pilih waktu yang tepat untuk memakainya. Dia tidak akan memakai bra bermotif brokat ketika mengenakan kaus.

“Kalau lagi pakai kaus, aku pilih memakai bra polos. Takut kelihatan aja,” pungkas Vonny yang selalu membeli bra berikut celana dalamnya.

(tty)

Advertisements
 
%d bloggers like this: