Information & Technology

Everything is Possible

Griya

Bukan Sekadar Pijakan Kaki

JALAN setapak memiliki fungsi ganda. Selain mempercantik pekarangan, jalan setapak juga melindungi tanaman yang ada di pekarangan itu. Orisinalnya, jalan setapak dibuat agar pejalan kaki dapat melangkah dengan nyaman tanpa harus menginjakkan kaki ke tanah maupun rumput yang terkadang bisa menjadi sangat licin dan kotor.

Sebab itu, jalan setapak alias stepping stone biasanya dibuat sebagai arah penunjuk jalan bagi para pejalan kaki sekaligus juga melindungi tanaman dari injakan kaki manusia. Jalan setapak sangatlah cantik bila diletakkan pada pekarangan atau taman di rumah Anda. Apalagi jika bentuk, gambar, dan warnanya unik.

Menurut arsitek lanskap Diana Ambadar, jalan setapak mampu menciptakan nuansa keserasian dan kedamaian bagi yang melihatnya. “Selain itu, jalan setapak juga sangat berguna karena dapat melindungi pekarangan yang dalam kondisi basah dan becek karena hujan misalnya. Jalan setapak membuat taman dan pekarangan Anda tetap enak dilihat,” kata Diana.

Meletakkan stepping stone sebagai tambahan aksen di taman merupakan suatu cara yang pintar. Namun, apa yang harus Anda siapkan bila ingin taman Anda memiliki jalan setapak nan cantik? Pastikan Anda sudah memiliki bayangan alur jalan yang akan Anda terapkan pada jalan setapak itu.

Penentuan tersebut sangat penting karena jalan setapak sebaiknya menghubungkan satu area dengan area lainnya. Jadi bukan hanya sebagai hiasan. Misalnya, Anda memiliki kolam ikan. Maka Anda bisa menerapkan jalan setapak dari arah teras rumah menuju kolam ikan tersebut.

Setelah itu tentukan ukuran diameter jalan setapak yang diinginkan. “Idealnya untuk diinjak, ukurannya adalah kurang lebih 18 inci,” ujar Diana.

Selain itu, jalan setapak juga memiliki berbagai bentuk. Ada yang berbentuk kotak, lingkaran, setengah lingkaran, ataupun oval.

Namun, yang umum ada di pekarangan rumah adalah yang berbentuk lingkaran. Jalan setapak memiliki beragam tipe. Ada yang terbuat dari batu atau semen, ada yang terbuat dari kayu dan ada yang dibuat dari semen dilapisi keramik. Nah, yang seperti apa yang ingin Anda pilih? Bahan kayu memang bagus dan cantik.

Taman dan pekarangan rumah akan terkesan natural dengan jalan setapak jenis ini. Sayang, saat musim hujan tiba, jalan setapak jenis ini tidak tahan terhadap air hujan yang berlebihan. Kayu yang terkena air berlebihan akan ditumbuhi lumut. Selain itu, kayu tersebut lama-lama akan melunak dan hancur jika diinjak karena dalamnya yang membusuk akibat kelembapan yang berlebihan.

Ingin bahan keramik? Boleh. Taman dengan jalan setapak jenis ini memang akan terlihat elegan dan mewah. Apalagi jika keramiknya memiliki warna dan corak yang indah. Namun, jalan setapak jenis ini juga memiliki kekurangan, yaitu lagi-lagi pada musim hujan, jalan setapak ini akan terasa licin terkena siraman air hujan.

Anda tak ingin kan terpeleset saat sedang berjalan di atas jalan setapak itu? Jalan setapak paling “aman” adalah yang berbahan dasar semen. Selain tidak licin saat kehujanan, tidak berlumut, juga tahan lama. Namun, pengerjaannya harus teliti. Mencampur semen bukanlah perkara mudah.

Jika adukan semen kurang pas,jalan setapak akan retak bila terkena panas matahari yang berlebihan. Berapa panjang jalan yangingin Anda terapkan pada jalan setapak? Karena dengan mengukur panjang jalan, Anda akan tahu berapa buah jalan setapak yang akan dipasang.

Jarak antara step jalan setapak satu dengan yang lainnya jangan terlalu jauh atau terlalu berdekatan. Coba Anda jalan sebelum dipasang. Dengan begitu, step-step jalan setapak memiliki jarak langkah yang pas untuk Anda berjalan. (sindo//nsa)

Pesona Kristal dalam Hunian

KRISTAL cantik yang berkilau dapat menciptakan kesan mewah dan mahal pada interior hunian. Meskipun kristal itu sebenarnya berharga murah meriah. Tak banyak yang tahu bahwa pendar kilau kristal yang dipajang di rumah mampu menyenangkan hati sehingga bisa menjadi obat stres bagi yang melihatnya.

“Ragam pernak-pernik kristal saat ini dapat dipilih sesuai selera,” ujar desainer interior Anita Buntarman. Dari lampu chandelier kristal, gelas-gelas, tempat buah, vas bunga, sampai bingkai foto bisa disentuh dengan gemerlap bahan kristal. Pernak-pernik kristal selalu menjadi daya tarik interior hunian.

Sinar kristal yang istimewa memberi kesan mewah bagi interior ruangan. Oleh karena itu, peletakan kristal perlu diperhatikan. “Karena termasuk barang mahal, perawatannya tidak mudah. Jadi perlu treatment ekstra,” tambah Anita.

Sementara itu, menurut desainer interior Early Andhika, pernak-pernik kristal dapat “mengangkat” nilai suatu ruangan yang tidak memiliki banyak dekorasi. Namun, tetap saja penataannya harus seimbang, jangan sampai terlalu banyak pernak-pernik kristal di ruangan tersebut.

“Ruangan akan menjadi over serta terkesan penuh dan berat,” tandas arsitek lulusan Universitas Parahyangan Bandung itu. Sebaiknya kristal-kristal pajangan diletakkan dalam suatu lemari khusus sehingga tidak mudah berdebu dan kotor.

Jika pernak-pernik kristal diletakkan di luar lemari, bakal memudahkan debu-debu menempel pada permukaan kristal dan itu kelak berpengaruh terhadap pendaran cahaya yang dihasilkan kristal tersebut. Untuk itu, perawatan kristal harus dilakukan secara khusus dan membutuhkan ketelitian.

Pernak-pernik kristal dapat diletakkan dalam rumah bergaya arsitektur dan berdesain interior jenis apa pun. Pada ruangan berkonsep klasik Eropa, misalnya, akan lebih sesuai jika koleksi kristal tersimpan rapi di dalam lemari kaca, sehingga siapa saja dapat menikmati kristal cantik itu tanpa khawatir pecah dan berdebu.

“Tapi, untuk ruangan dengan konsep modern, pernak-pernik kristal cukup diletakkan di atas meja atau tempat lain di luar lemari,” cetus Anita Buntarman.

Bila Anda ingin menambahkan pernak-pernik kristal di ruangan, paling tidak Anda harus membuat suatu perencanaan terlebih dahulu. Seperti misalnya tentukan budget Anda.

Hiasan yang terbuat dari batu kristal asli bisa berharga sangat tinggi. Apalagi jika bentuknya besar, berat, dan memiliki detail serta model yang sangat eye catching. Harganya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Bila budget terbatas, namun Anda ingin memiliki kristal asli dengan model yang indah,maka besar-kecil ukuran bisa jadi pertimbangan.

Kristal berukuran kecil harganya akan jauh lebih murah walaupun masih menyentuh digit ratusan ribu. Berikut ini merupakan gambaran di mana sebaiknya kristal diletakkan. Hiasan kristal yang kecil dan unik cocok diletakkan di atas rak, hiasan kristal ukuran medium dapat diletakkan secara bergerombol di sudut ruangan, atau dua hiasan kristal besar sebagai center of attention di atas coffee table Anda.

Faktor lain yang menyangkut harga jenis hiasan spesial ini adalah desain model serta potongannya. Semakin rumit desain dan sudut potongnya, maka semakin banyak uang yang harus Anda keluarkan. Kemudian tentukan tema yang ingin Anda pilih, apakah tema bunga-bungaan atau binatang? Hiasan bunga dan binatang dari kristal adalah yang paling banyak ditemui di toko.

Untuk tema jenis lain, Anda harus rela hunting ke tempat-tempat khusus. Setelah budget dan tema ditentukan, kini waktunya Anda berbelanja. Tentukan tempat Anda ingin berbelanja kristal.Apakah di department store atau mal terdekat? Menitip teman yang hendak pergi ke luar negeri? Atau Anda ingin berbelanja online di internet?

Apabila ingin berbelanja online, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan orang yang sudah pernah melakukannya karena berbelanja lewat internet sangat rentan penipuan. Jangan sampai Anda sudah menyetor uang, namun barang tidak dikirim atau barang yang dikirim ternyata palsu. Anda sudah mendapat gambaran lebih detail sekarang? Menata ruangan dengan hiasan kristal sebenarnya bukan perkara sulit.

Anda juga bisa meletakkan hiasan kristal satuan di berbagai sudut ruangan di dalam rumah. Bila Anda menatanya dengan sempurna, Anda akan bisa melihat pendaran pelangi saat matahari atau efek cahaya lain terpantul dari permukaan hiasan tersebut.

Yang pasti, apabila Anda sudah memiliki hiasan kristal, Anda harus menjauhkannya dari jangkauan anak-anak karena kristal sangat sensitif, mudah pecah,dan retak.Apabila Anda terpaksa meletakkan kristal di luar lemari, Anda harus rajin memeriksanya. (sindo/nsa)

Merancang Void Fungsional nan Cantik

SIRKULASI udara dan cahaya yang baik dalam rumah tidak hanya ditentukan oleh jumlah bukaan. Melainkan juga ketersediaan void pada hunian dua lantai. Void adalah suatu ruang atau lantai hampa yang dibiarkan terbuka untuk memperluas kesan ruang. Secara visual, void bisa menghubungkan lantai atas dengan bawah.

“Dari segi sirkulasi udara maupun pencahayaan, dengan dibuatnya void, kita bisa mendapatkan cahaya dan aliran udara yang bergerak bebas,” kata arsitek dari Universitas Tarumanegara Jakarta, Samidirijono. Meski begitu, umumnya pengertian void dipakai untuk menggambarkan ruang kosong tanpa lantai yang berada di lantai dua.

Lewat ruang tersebut, kita dapat melihat ruang di bawahnya, tapi tetap berada di bawah atap yang sama. “Fungsi dan kegunaan void dapat digambarkan sebagai tempat sirkulasi udara, ventilasi cahaya, agar ruang terasa lebih lega dan lapang, interaksi sosial secara visual, serta sebagai ruang transisi atau penghubung dan pengikat,” sebut arsitek dan kontraktor dari Mitra Graha Asri Mandiri, Wisnu Brata.

Untuk menghadirkan sebuah void, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu ukuran dan luas rumah, struktur dan konstruksi, lokasi void, pilihan finishing dan aksesorinya, serta faktor keamanan. Void dalam hunian sebetulnya bisa ditaruh di mana saja, sesuai keinginan pemilik rumah, ingin membuat fungsi ruang menjadi apa.

Void untuk tempat tinggal bisa digunakan di ruang tamu, ruang tengah, atau atrium yang di bawahnya dapat ditaruh taman kering atau kolam,” kata pria yang akrab disapa Sami.

Memperlancar sirkulasi udara dan cahaya menjadi kegunaan utama void. Dengan adanya void, pertukaran dan aliran udara panas di lantai satu akan lebih banyak dan lebih cepat mengalir karena sirkulasi udara tidak hanya terjadi secara horizontal, juga vertikal.

Yang perlu ditambahkan di sini adalah, setelah udara panas tadi berhasil dialirkan ke lantai dua, maka harus diteruskan untuk dialirkan keluar sehingga rasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh udara panas yang tidak mengalir dapat dihindarkan. Cahaya alami siang hari yang masuk ke area void akan membantu menerangi area dan ruang lain yang ada di sekitarnya.

Dengan demikian, kita dapat mengurangi pemakaian listrik. Bahkan, terkadang lampu-lampu yang dipakai di area void -misalnya lampu gantung? juga dipakai untuk menerangi kedua lantai yang ada. Apalagi jika area void terletak di area utama bangunan, maka akan semakin banyak ruang yang ikut diterangi lampu di area void tersebut.

Berkat sebuah void, ruang di lantai bawah akan terasa lebih luas dan lapang karena memiliki plafon yang lebih tinggi. Apalagi jika void itu ditempatkan berdekatan dengan jendela-jendela yang memiliki bukaan besar dan lebar. Maka cahaya yang masuk akan lebih banyak dan melimpah sehingga ruangan terasa semakin terang dan luas.

Didukung pengaturan sirkulasi udara yang baik, ruangan bervoid akan terasa lebih nyaman dan tentunya secara psikologis terkesan lebih lapang. Situasi kosong dan bisa saling melihat antara lantai atas dan lantai bawah bakal menimbulkan suasana yang menyatu di antara dua ruang tersebut.

Interaksi sosial pun akan lebih mudah terjalin dibandingkan tanpa menggunakan void. Demikian pula pada saat diadakan acara keluarga atau arisan. Orang-orang yang duduk di lantai dua akan dapat mengikuti dan mendengarkan acara yang berlangsung di lantai satu. Jadi, interaksi sosial yang terjalin bukan hanya secara visual, juga berupa audio atau pendengaran.

Ruang yang memiliki area void juga tidak akan terasa sesak dan pengap jika ditempati banyak orang. Void dapat ditata apik dengan permainan lampu gantung nan atraktif. Kini, sudah banyak tersedia bentuk lampu-lampu maupun pajangan dinding seperti wall hanging cantik untuk mengisi “kekosongan” void. (sindo/nsa)

 
%d bloggers like this: