Information & Technology

Everything is Possible

Google Luncurkan AdSense for Games

Posted by dennywigxs on November 8, 2008

google-adsense-yahoo-microsoftSudah lebih dari satu tahun sejak Google pertama kali mengungkapkan ketertarikan mereka untuk membawa AdSense ke game online dengan tujuan akhir mendominasi iklan dalam industri game, dan akhirnya hari ini Google mengumumkan AdSense for Games sebagai langkah pertamanya ke dalam industri game, menambahkan satu lagi layanan ke dalam portfolio produk iklannya. Pertama kali mengemukakan ide ini di pertengahan tahun 2007, beberapa orang berharap bahwa layanan ini diharapkan dapat diluncurkan pada akhir tahun 2007, namun tampaknya Google sekalipun tidak dapat bergerak secepat itu.

Dalam peluncuran produk ini Google telah menggandeng beberapa pengembang game besar dunia termasuk Konami, Playfish, Zynga, Demand Media dan jaringan game Mochi Media. Di sisa pembeli iklan, Google mengundang Esurance, Sprint dan Sony Pictures untuk menjadi menguji layanan tersebut. Untuk saat ini baru tersedia untuk game berbasis web, AdSense for Games memungkinkan game sosial dan game berbasis flash untuk mengintegrasikan iklan video, teks maupun gambar ke dalam game.
Screenshot AdSense for Games

Seperti produk AdSense lainnya, AdSense for Games juga akan menampilkan iklan-iklan kontekstual (sesuai dengan topik) yang memberikan hasil jauh lebih baik dibandingkan penampilan iklan secara acak. AdSense for Games akan menyisipkan iklan di tempat yang ditentukan pemilik game berdasarkan kata kunci atau tag yang disediakan pengembang game dengan cara penguangan cost-per-click. Seperti biasa, pendapatan iklan akan dibagi antara Google dan penerbit game.

Menunjuk pada hasil riset comScore, Google mengatakan bahwa lebih dari 25% dari pengguna internet di seluruh dunia memainkan game online atau kira-kira setara dengan 200 juta orang. Angka ini berkembang pesat, hampir 17% setiap tahun.

Kesempatan Bisnis

Bisnis game merupakan sesuatu yang berkembang saat ini dan dengan dikeluarkannya AdSense for Games, pasti akan lebih banyak lagi orang yang terjun ke industri ini, terlebih karena belakangan ini sudah banyak bermunculan alat-alat yang memungkinkan pembuatan game Flash dengan mudah tanpa perlu mengerti programming sedikitpun.

Apabila Anda tertarik untuk mencari uang di bidang ini, tidak ada salahnya apabila Anda mengunjungi Sims Carnival.

Untuk saat ini, pengembang game yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi syarat jumlah permainan minimum sebanyak 500.000 kali dengan demografi 80% pemain berasal dari AS atau Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjadi AdSense for games beta publisher, sempatkan diri Anda untuk mengisi formulir aplikasi. Anda juga dapat menemukan lebih banyak informasi pada situs ini.

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: