Information & Technology

Everything is Possible

Microsoft: Ancaman Pengguna Komputer Meningkat

Posted by dennywigxs on November 6, 2008

mini-laptop-fujitsu-p7230Microsoft mendapati bahwa para pembuat perangkat lunak dan usaha bidang keamanan melancarkan usaha gencar untuk melindungi pelanggan mereka dari ancaman jahat selama paruh waktu pertama 2008, demikian keterangan Laporan Intelijen Keamanan Microsoft (MSIR) yang disiarkan Senin.

Laporan berdasarkan data dari ratusan juta komputer di seluruh dunia itu adalah pengamatan yang mendalam atas seluruh lingkungan ancaman keamanan perangkat lunak, tulis Microsoft.

MSIR mengungkapkan bahwa laporan mengenai kerentanan telah turun. Namun, ancaman sesungguhnya yang ditimbulkan oleh para penjahat di dunia maya dan malware terus berkembang.

Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari perangkat lunak. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi.

“Peningkatan malware hanyalah memperlihatkan kerentanannya dan malware/exploit tak punya hubungan langsung, kendati ada kenyataan bahwa malware dan exploit didasari atas kerentanan keamanan. Pelacakan jumlah kerentanan yang dilaporkan memperlihatkan berbagai upaya masyarakat keamanan untuk menggagalkan serangan. Pelacakan malware dan exploit memperlihatkan berbagai upaya peretas (hacker) dan penjahat dunia maya,” kata Chris Rodriguez, pengulas di Frost & Sullivan, kepada media.

MSIR memperlihatkan penghilangan malware dan perangkat lunak berpotensi yang tak diingini dari komputer pribadi di seluruh dunia meningkat lebih dari 43% selama semester pertama 2008. Sementara pengunduh trojan dan kerentanan yang sangat parah naik tajam –dari hanya 15% dari semua perangkat lunak yang tak diingini pada paruh tahun kedua 2007 jadi lebih dari 30% pada 2008 —worm, backdoors, pencuri kata kunci dan pemantauan alat merosot tajam, dari 15% jadi 10%.

Meskipun ada perbedaan dalam metode yang digunakan oleh Microsoft dan Frost & Sullivan, Rodriguez mengatakan temuan Microsoft sangat serupa dengan apa yang telah ditemukan perusahaan penelitiannya.

“Jumlah seluruh kerentanan yang tercatat naik secara tetap dan mencapai puncaknya pada awal 2007. Seluruh laporan turun pada setiap kuartal sampai awal 2008, pada tahap itu penelitian kami memperlihatkan sedikit peningkatan. Yang paling mencolok ialah penelitian kami memperlihatkan kenaikan drastis yang sama dalam kuatnya ancaman pada pertengahan 2007,” katanya. (kpl/roc)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: