Information & Technology

Everything is Possible

Menyaksikan Video di YouTube Dari Waktu Tertentu

Posted by dennywigxs on November 6, 2008

YouTube memang sudah menjadi tempat utama bagi semua pengguna internet untuk menyaksikan video-video favoritnya. Tetapi selama ini ketika menyaksikan video selalu harus dari awal video itu. Tidak seperti ketika sedang memutar VCD atau DVD di mana kita bisa mulai menyaksikan dari menit tertentu seperti yang kita inginkan. Hal ini cukup merepotkan ketika memakai YouTube, terutama itu jika video berdurasi panjang.

youtubeJika kita tidak bisa selesai melihat keseluruhan dari video panjang itu, maka jika kita ingin menyaksikan lagi tidak bisa mulai dari bagian yang belum kita lihat, tetapi harus kembali dari awal video. Begitu juga saat kita ingin melihat lagi suatu momen di salah satu bagian dari video atau ingin menunjukkannya pada teman kita. Mau tidak mau semuanya harus menyaksikan dari awal, atau jika mau ke bagian menit tertentu, harus menunggunya sudah ter-load semua atau menggeser waktunya secara manual. Cukup merepotkan memang.

Tetapi sekarang tidak perlu lagi cara seperti itu karena YouTube sudah menyediakan fasilitas di mana Anda bisa memainkan video dari suatu waktu tertentu. Hanya menambahkan parameter #t=_m_s pada akhir alamat link video yang akan Anda lihat. Di mana “m” menunjukkan menit dan “s” menunjukkan detik. Jadi contohnya jika Anda ingin melihat suatu video mulai menit 1:15, maka Anda dapat langsung menambahkan link dengan parameter #t=1m15s. Anda dapat mengganti bilangan pada menit dan detik itu dengan angka berapapun yang Anda suka.

Bukan itu saja penambahan fasilitas untuk menyaksikan video dari menit tertentu, Anda dapat langsung terarah ke suatu bagian video dengan melihat dari komentar yang diberikan oleh user. Contohnya jika ada komentar: “wah tertawanya di 1:14 lucu”. Maka angka itu langsung akan menjadi hyperlink dan siapapun yang ingin melihat apa yang ditunjuk oleh user itu dapat langsung klik pada tulisan “1:14” yang telah menjadi alamat link. (cnet/youtube/cax)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: