Information & Technology

Everything is Possible

Logitech Harmony 1000, Satu Remote Control Untuk Semua

Posted by dennywigxs on November 6, 2008

logitechharmony1000Setiap Anda membeli peranti elektronik, hampir bisa dipastikan Anda akan mendapat fasilitas remote control juga. Barang yang berfungsi sebagai pengendali dari jarak jauh ini memang tak lagi bisa dipisahkan dari peralatan elektronik saat ini. Namun yang jadi masalah adalah bila Anda memiliki banyak peranti elektronik yang masing-masing disertai remote control sendiri-sendiri, pasti sangat membingungkan dan tak praktis.

Solusi dari masalah inilah yang ditawarkan oleh Logitech dengan melepas produk Universal Remote Control dengan nama Logitech Harmony 1000 ini. Bila kebanyakan produk Universal Remote Control masih memiliki kelemahan lantaran tak semua fungsi dapat diakses melalui remote control ini, Logitech mengklaim bahwa produknya memiliki kemampuan mengakomodasi 175.000 remote control lain.

Salah satu kelebihan dari remote control keluaran Logitech ini adalah kemampuannya untuk di-update melalui komputer. Dengan kemampuan ini maka secara teori, remote control ini tak akan pernah ‘ketinggalan’ dan selalu dapat menjadi pengganti dari remote control bawaan peranti elektronik yang kita beli.

Sekilas, tampilan Logitech Harmony 1000 ini sama sekali tak mirip dengan remote control. Bahkan Logitech Harmony 1000 ini lebih mirip portable media player daripada sebuah remote control. Namun bila melihat kemampuannya, tampilan ini jadi tak terlalu berarti.

Logitech Harmony 1000

Di bagian depan dari Logitech Harmony 1000 ada sebuah layar berukuran 3,5 inci. Meski layar ini sudah mengusung teknologi layar sentuh namun Logitech masih menyediakan beberapa tombol yang bersifat umum seperti volume dan channel. Selebihnya tentu saja harus dioperasikan lewat layar sentuh ini.

Pengoperasian remote control ini pun tergolong cukup mudah. Sebelum bisa menggunakannya, Anda harus menghubungkan alat ini dengan komputer dan memilih peranti apa saja yang ingin anda kendalikan dengan remote control ini. Selanjutnya Anda tinggal membiasakan diri dengan pengendalian lewat layar sentuh ini. Karena mampu terhubung dengan komputer, maka sistem pengaturan Logitech Harmony 1000 ini tergolong cukup mudah.

Logitech Harmony 1000

Memang bila dilihat dari harga jualnya, produk ini tergolong cukup mahal. Namun bila Anda tak mau repot dengan banyaknya remote control yang berjajar di atas meja, mau tak mau universal remote control ini adalah satu-satunya solusi buat Anda.

Namun meski menyebutnya mahal, Trusted Reviews masih memberi nilai 8 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 222 Poundsterling atau sekitar Rp 4.000.000 ini. Situs ini juga memberi nilai plus untuk fitur dan kemudahan mempergunakan alat ini.

Spesifikasi:

Tipe : Universal remote control
Connectivity Technology : Infrared/radio
Supported Devices : VCR, DVR, TV, DVD player
Input Device : Touch screen, Joystick
Display : LCD display – 3.5 in TFT active matrix
Connector Type : USB
Situs Resmi : www.logitech.com

(trv/roc)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: