Information & Technology

Everything is Possible

Toyota-Daihatsu Produksi Mobil Seharga Rp50 Juta?

Posted by dennywigxs on November 1, 2008

TOKYO – Toyota dan Daihatsu akan mengadu peruntungan di segmen mobil murah di India. Keduanya mengembangkan mobil seharga USD5.000 atau sekira Rp50 juta di India.

Pasar mobil murah di India memang menjanjikan. Segmen ini diperkirakan menjadi entry level atau incaran konsumen yang ingin beralih dari penggunaan sepeda motor ke mobil. Sebelumnya produsen lokal Tata Motor sudah memperkenalkan mobil termurah di dunia Nano. Mobil seharga USD2.500 tersebut rencananya akan dipasarkan mulai akhir tahun ini.

Selain itu, Bajaj yang bekerjasama dengan Renault dan Nissan Motor juga sudah mengumumkan rencananya bermain di segmen yang sama. Langkah serupa juga akan dilakoni Hyundai dan General Motors.

Harian Jepang Asahi seperti dikutip Reuters, Rabu (29/10/2008) melaporkan, Toyota akan memasarkan mobil murah tersebut mulai 2010 dan tidak akan mengusung nama (badge) Toyota. Namun baik Toyota dan Daihatsu belum bersedia memberikan penjelasan mengenai rencana tersebut.

Sejauh ini Toyota baru mengumumkan rencana produksi mobil yang mereka sebut dengan “entry family car” untuk pasar India dan Brasil. Mobil tersebut akan diproduksi di India mulai 2010 dan Brasil pada 2011. Berbeda dengan laporan Asahi, mobil tersebut akan dibanderol USD8.000.

Menanggapi isu tersebut, salah seorang pejabat Toyota mengatakan, pihaknya tidak tertarik memproduksi mobil murah. Menurutnya, menjual mobil murah menggunakan nama Toyota, hanya akan menjatuhkan citra brand-nya. (oke/ton)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: