Information & Technology

Everything is Possible

Onyx Liscio, Tawarkan Gaya

Posted by dennywigxs on November 1, 2008

Dengan makin ketatnya persaingan bisnis ponsel dan makin banyaknya nama-nama besar yang mulai bermain di ladang ini, pemain baru mau tak mau harus berusaha menawarkan sesuatu yang spesial agar bisa bersaing. Itu juga agaknya yang jadi ideologi pemain baru ini. Onyx yang berbasis di Inggris menawarkan konsep desain ‘unik’ sebagai pemikat produk-produknya.

Sebagai produk pertama, Liscio ini tak bisa dibilang buruk. Dilihat dari tampilan luarnya saja, produk ini sudah cukup memikat. Berbentuk ‘nyaris’ oval dibalut warna hitam pekat dengan sedikit aksen silver menambah kesan elegan yang memang sudah terlihat dari awal. Malah bisa dibilang, Liscio ini lebih pantas dibilang aksesoris ketimbang perangkat elektronik.

Ada beberapa hal yang cukup menarik dari desain ponsel ini. Pertama adalah ukurannya yang tak terlalu besar sehingga terasa nyaman digenggam dan kedua adalah rancangan keypad-nya yang ergonomis sehingga tetap responsif dan tak mengganggu produktivitas meski berukuran kecil.

Onyx Liscio

Sebenarnya susunan tombol pada keypad ini biasa saja, hanya desainnya saja yang sedikit unik sehingga membuatnya terlihat ‘beda’. Dengan susunan tombol yang standar, ini menguntungkan karena nilai ergonomis tetap dapat dijaga. Pengguna baru sekalipun tak akan mengalami kesulitan menggunakan keypad ini. Kelebihan desain keypad ini terletak pada tiga tombol yang ada di deretan kedua. Dengan bentuk yang berbeda dari dua deret yang lain, keypad ini jadi tetap nyaman digunakan meski jarak spasi antar tombol nyaris tak ada.

Tapi di samping kelebihan itu, ponsel ini juga memiliki beberapa kelemahan. Sebut saja layarnya yang terlalu kecil. Dengan layar hanya berukuran 1.1 inci, Anda tak bisa berharap banyak pada layar ini. Bahkan untuk membaca pesan SMS yang agak panjang saja Anda harus beberapa kali scroll down layar ke bawah. Jelas, browsing internet via ponsel ini tak akan memungkinkan. Yang lebih parah, layar ‘mungil’ ini diposisikan di balik casing dan membuatnya jadi agak sulit dibaca terutama saat berada di ruangan dengan cahaya terang. Pantulan cahaya dari luar membuat tampilan layar ini tak terlihat.

Onyx Liscio

Masalah lain adalah fitur. Tak banyak fitur yang ditawarkan oleh ponsel ini. Jangankan web browser, kamera pun ponsel ini tak punya. Anda mau tak mau harus puas dengan fasilitas radio FM, kalender, alarm, jam, kalkulator, stop watch, dan voice recorder. Untungnya, Liscio ini masih menyediakan fasilitas USB, Bluetooth, dan slot memori sehingga setidaknya ia masih bisa difungsikan sebagai media penyimpan.

Dengan semua nilai plus dan minus itu, Trusted Reviews hanya memberi nilai 6 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 130 Poundsterling atau sekitar Rp 2.200.000 ini. Situs ini memang mengeluhkan masalah minimnya fitur dan harga jual yang terlalu tinggi untuk ponsel sekelas ini.

Spesifikasi:

Sistem Operasi : N/A
Layar : 1.1 OLED 96 x 96 pixel
Kamera : N/A
Memori : 128MB & 1GB microSD card
Konektivitas : USB, Bluetooth
Dimensi : 90 x 35 x 18mm
Fitur Lain : radio FM, kalender, alarm, jam, kalkulator, stop watch, voice recorder
Situs Resmi : www.onyx-innovation.com

(trv/roc)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: