Information & Technology

Everything is Possible

Sony PFR-V1, Lebih Dari Headphone Biasa

Posted by dennywigxs on October 31, 2008

Tak sedikit produk headphone yang beredar di pasaran. Masing-masing menawarkan keunggulan yang mereka miliki agar bisa bersaing. Ada yang menawarkan kualitas audio yang mendekati kualitas hi-fi namun tak jarang juga yang menawarkan desain yang membuatnya nyaman dikenakan untuk jangka waktu yang lama. Sony PFR-V1 adalah salah satu produk yang menawarkan keduanya.

Dilihat dari desainnya, produk yang disebut Sony sebagai personal field speaker memiliki bentuk yang unik. Bila biasanya, produk headphone selalu mengusung desain speaker yang menempel pada permukaan telinga, PFR-V1 ini justru membuatnya agak jauh dari telinga.

Rancangan unik ini memiliki keunggulan tersendiri. Lantaran head band dirancang menempel pada kepala dengan tumpuan pada pelipis, maka hampir tidak ada tekanan sedikit pun pada telinga. Hasilnya, headphone ini terasa tak mengganggu meski sudah dikenakan dalam waktu yang cukup lama. Di samping memiliki ukuran head band yang lumayan lebar sehingga menambah kenyamanan, Sony juga memberikan kemungkinan mengatur lebar headphone ini melalui pengaturan yang ada di samping kiri dan kanan dari PFR-V1.

Meski sudah melihatnya untuk waktu yang cukup lama, tetap saja kesan unik itu tak bisa hilang dari produk Sony ini. Meski tak bisa dibilang desain yang cantik, namun rancangan headphone ini memiliki tingkat ergonomis yang tinggi. Yang paling unik dari rancangan PFR-V1 sebenarnya adalah ‘tabung’ kecil yang berfungsi menghubungkan antara speaker dan lubang telinga yang berjarak sedikit jauh.

Sony PFR-V1

Sebenarnya, saat melihat rancangan yang aneh ini, kesan yang muncul adalah kualitas yang tak memadai. Ternyata itu tak sepenuhnya benar lantaran kualitas PFR-V1 ini bisa dibilang sama dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat audio hi-fi. Suara terdengar jernih dengan suara bass yang terdengar jelas namun tak membuat suara jadi pecah.

Yang paling aneh justru adalah kenyataan bahwa meski ada jarak antara speaker dan telinga, namun suara dari luar tak sampai masuk dan mengganggu suara musik yang terdengar. Ini bisa dibilang mengagumkan karena biasanya produsen menggunakan sistem noise isolation dengan cara mengurangi ruang terbuka antara speaker dan telinga.

Sony PFR-V1

Sebagai tambahan, Sony juga menyediakan amplifier mini bila Anda tak puas dengan output yang dihasilkan oleh Portable Media Player Anda. Amplifier berbentuk kotak kecil yang bekerja dengan menggunakan daya dari dua buah baterai AAA.

Secara keseluruhan, PFR-V1 hampir bisa dibilang adalah produk headphone yang sempurna. Untuk semua kelebihan itu, Trusted Reviews memberikan nilai sempurna, 10, untuk produk yang dijual dengan harga 232 Poundsterling atau sekitar Rp 3.900.000 ini.

Spesifikasi:

Speaker Input : 0.5mW
Output Level : 95 dB/mW
Frequency level : 35Hz – 20 kHz
Input Jack : Stereo-mini, Stereo pin, Optical
Feature : Magnetically shielded
Weight : Less than 100 g
Situs Resmi : www.sony.co.uk

(trv/roc)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: