Information & Technology

Everything is Possible

Nokia N96, Perbaikan Versi Sebelumnya

Posted by dennywigxs on October 30, 2008

Nokia N96

Saat diluncurkan, Nokia N95 bisa disebut sebagai ponsel serba guna. Namun meski menanamkan banyak fungsi, ponsel ini masih memiliki beberapa kelemahan. Agaknya itulah maksud diluncurkannya N96 ini, sebagai perbaikan dari N95.

Nokia N96 ini memiliki desain yang cukup menarik. Meski masih tak terlalu berbeda dari desain ponsel pintar keluaran terbaru yang lain, namun setidaknya ada beberapa hal yang membuatnya berbeda, desain tombol sebagai contoh. Meski masih dalam posisi yang sama, namun desain tombol ini terlihat cantik walaupun tampilan depan ponsel ini masih didominasi oleh layarnya.

Ponsel ini mengaplikasikan rancangan two way slider form factor. Saat bagian depan digeser ke atas, bagian belakang akan menampilkan sederet keypad dengan desain menyatu per baris. Sedangkan bila bagian depan digeser ke bawah maka sederet tombol media player yang tampak. Bagusnya, meski menggunakan slider namun ponsel ini tetap terlihat cukup tipis.

Bahan pembuat casing-nya terasa kokoh saat digenggam, sementara mekanisme slider-nya juga dapat bergerak dengan ‘halus’. Tombol-tombol yang ada di bagian atas maupun pada keypad-nya juga mudah dioperasikan sehingga tetap nyaman meski Anda termasuk orang yang suka berkirim SMS.

Nokia N96

Fitur perbaikan yang cukup menarik adalah kapasitas media simpannya yang dilipatgandakan. Bila pada N95 Nokia hanya memberikan 8GB, dalam N96 ini ada media simpan sebesar 16GB yang masih ditambah lagi dengan dukungan slot microSD. Dengan kapasitas yang cukup besar, maka Anda tak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan file musik, video atau gambar dalam ponsel ini.

Kualitas layarnya pun cukup bagus. Tampilan tergolong jernih dan tajam. Layar seluas 2,9 inci dengan resolusi 240 x 320 pixel ini dapat berganti mode antara portrait dan landscape secara otomatis tergantung dari ke arah mana slider digeser.

Performa ponsel ini dalam meng-handle email pun cukup mantap. Sayangnya, tanpa keyboard QWERTY atau layar sentuh, kinerja jadi sedikit terganggu. Namun bila Anda lebih banyak menggunakan ponsel sebagai sarana untuk membuka email, N96 ini sudah mencukupi.

Nokia N96

Fitur-fitur lain seperti GPS, media player, game, dan kameranya juga bekerja cukup memuaskan. Bahkan kamera 5 megapixel-nya sudah dilengkapi dengan 2 LED flash yang membuat hasil bidikan kamera ini jadi lebih bagus lagi.

Secara keseluruhan, baik desain maupun performa ponsel ini cukup bagus. Untuk itu Trusted Reviews memberi nilai 7 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 488 Poundsterling atau sekitar Rp 8.000.000 ini. Situs ini hanya mengeluhkan harga jual ponsel ini yang mereka anggap terlalu mahal bahkan untuk ponsel sebagus ini.

Spesifikasi:

Jaringan : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 2100 / 900
Data : GPRS, HSCSD, EDGE, WLAN,
Sistem Operasi : Symbian OS 9.3, S60 rel. 3.2
Layar : TFT, 16M colors, 240 x 320 pixels, 2.8 inches
Kamera : 5 MP, 2592×1944 pixels, Carl Zeiss optics
Multimedia : MP3/AAC/AAC+/eAAC+/WMA player, Stereo FM Radio with RDS
Memory : 16 GB internal memory, slot microSD
Konektivitas : Bluetooth, USB
Dimensi : 103 x 55 x 18 mm
Fitur Lain : GPS, DVB-H TV
Situs Resmi : www.nokia.co.uk

(trv/roc)

Advertisements

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: