Information & Technology

Everything is Possible

Sekilas Kamera Saku BenQ DC C850

Posted by dennywigxs on October 27, 2008

Untuk sebuah kamera saku dari kelas basic point-and-shoot, BenQ DC C850 ini punya nilai lebih pada desain bodinya. Meski sekilas tampilan depan kamera ini terlihat tak menarik namun desain bodi kamera ini dibuat dengan baik sehingga nyaman saat digunakan.

BenQ DC C850

Meski terbuat dari plastik, namun badan kamera ini terasa kokoh sehingga memberi kesan sebuah kamera yang berkualitas tinggi. Badan kamera yang tak terlalu tipis justru membuat BenQ DC C850 ini jadi ‘duduk’ dengan baik di telapak tangan. Sisi kanan yang berfungsi sebagai grip di buat sedikit lebih menonjol dan dilapis dengan vinyl dengan tekstur kasar sehingga mengurangi resiko ‘tergelincir’ saat dipakai.

Bagian belakang dari kamera ini juga dirancang cukup baik. Sebagian besar permukaan dipenuhi oleh layar LCD seluas 2,7 inci dengan beberapa tombol kendali yang diletakkan di sebelah kanannya. Jarak antar tombol agak berjauhan dan membuat pengendalian cukup mudah karena resiko tombol tertekan secara tak sengaja bisa diminimalisir. Yang tak menguntungkan justru adalah karena tak adanya ruang untuk ibu jari sehingga kamera ini sedikit terasa canggung saat dipegang dengan satu tangan.

BenQ DC C850

Layar LCD yang dipasang pada BenQ DC C850 ini punya kualitas di atas rata-rata. Artinya tampilan gambar yang dihasilkan cukup cemerlang dan tajam. Kelemahannya adalah viewing angle layar ini yang relatif kecil ditambah dengan tampilan yang kurang terang membuatnya jadi agak susah dilihat pada kondisi cahaya sangat terang.

Fitur yang ditawarkan kamera ini cukup standar. Ada pengaturan ketajaman dan beberapa pilihan filter warna yang sudah disediakan di sini. Fitur lain yang wajib pada sebuah kamera saku digital seperti smile detection juga sudah ada pada kamera ini.

BenQ DC C850

Kelemahan utama BenQ DC C850 ini justru pada kualitas akhir dari hasil bidikannya. Gambar yang dihasilkan cenderung berwarna kuning kemerahan dengan sedikit noise meski digunakan pada mode ISO rendah. Ini cukup disayangkan karena lensa kamera ini sebenarnya berfungsi cukup bagus.

Karena banyaknya kelemahan tersebut, Trusted Reviews hanya memberi nilai 6 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 80 Poundsterling atau sekitar Rp 1.350.000 ini. Situs ini hanya memberi nilai lebih pada kualitas bahan pembuat casing-nya serta harganya yang cukup terjangkau.

Spesifikasi:

Sensor : 8 megapixel CCD
Lensa : Pentax Zoom Lens
Zoom : 3x optical, 4x digital
Viewfinder : N/A
LCD Monitor : 2,7 inch LCD
Maximum Aperture : F = 2.8(W) ~ 5.2(T)
Shutter Speed : 1/2000 ~ 8 sec
White Balance : Auto / Daylight / Cloudy / Tungsten / Fluorescent (H) / Fluorescent (L) / MWB
Flash : Built-in dengan red-eye reduction
Shooting Modes : N/A
Efek Foto : N/A
Media Penyimpanan : 16 MB, SD/ SDHC card slot
Format File : JPEG
Interfaces : USB, A/V
Dimensi : 93.2 ~ 93.4 x 62.2 x 25.1mm
Situs Resmi : www.benq.co.uk

(trv/roc)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: